Senam Untuk Wanita Hamil

Senam untuk wanita hamil – saat hamil muda, seorang ibu perlu menjaga kondisi kesehatannya agar tetap prima. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, ibu hamil juga perlu melakukan olahraga agar kesehatan ibu dan juga janin tetap terjaga. Salah satunya adanya melakukan yoga, renang, jalan santai, pilates dan lain-lain. namun, diantaranya olahraga tersebut yang paling mudah untuk dilakukan bagi ibu yang dalam masa kehamilan adalah senam hamil. Senam ibu hamil bisa dilakukan dimana saja dan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

Menurut dokter kehamilan dan juga bidan seorang ibu hamil bisa mengikuti senam untuk wanita hamil di masa kehamilan bulan ke 6. Namun pada prakteknya para ibu yang melalui masa kehamilan 1-3 bulan juga bisa mengikuti senam untuk wanita hamil.

Prinsip senam untuk wanita hamil adalah berlatih perrnafasan, hal ini dikarenakan ibu hamil membutuhkan oksigen lebih banyak dibandingkan saat sebelum hamil karena kebutuhan oksigen bagi wanita yang sedang hamil bukan hanya untuk ibu tetapi juga dibutuhkan oleh janin yang ada dikandungan. Bagi janin oksigen berguna untuk memaksimalkan otak dan syaraf lain.

Durasi untuk olahraga hamil ini berkisar antara 30-60 menit. Latihan senam hamil bisa dilakukan 3-5 kali seminggu disesuaikan dengan kondisi fisik ibu hamil. Senam hamil juga dilakukan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dengan gerakan berbeda di setiap tahap kehamilan.

Pada masa awal kehamilan, perkembangan otak dan syaraf janin mulai berkembang secara cepat, sehingga pada senam untuk wanita hamil muda difokuskan pada pernafasan ibu dan yang paling penting dalam latihan senam hamil ini adalah sangat aman bagi janin trimester pertama 1-3 bulan yang masih sangat rawan akan terjadinya keguguran. Gerakan yang digunakan dalam senam hamil pada usia muda ini juga sangat mudah sehingga tidak menguras banyak tenaga bagi ibu hamil. Megikuti senam kehamilan ini dengan rutin maka ibu hamil akan menjadi rileks.

Pada trimester kedua barulah latihan atau senam hamil ini ditingkatkan. Jika pada trimester pertama latihan atau senam hamil Cuma mengatur pernafasan maka pada trimester kedua ibu mulai diajarkan untuk menguatkan tangan dan kaki ibu hamil. Setelah itu pada trimester ketiga latihan ibu hamil ditingkatkan untuk menguatkan otot punggung dan otot dasar panggul, dengan tujuan agar proses kehamilan menjadi lancar.

Untuk melakukan kegiatan senam hamil ini tentu ibu memerlukan baju olahraga yang nyaman saat dikenakan. Adalah memakai baju olahraga yang longgar agar bayi tidak terkekang. Dengan demikian, agar olahraga ibu hamil menjadi lancar maka ibu memerlukan baju senam untuk hamil. Selain itu, ibu juga memerlukan matras sebagai alas senam, fungsinya sebagai pelindung agar ibu tidak mengalami cidera dan juga menghindarkan ibu dari keguguran.

Salah satu caranya adalah berbelanja kebutuhan olahraga di butik baju senam. Disini menjual kebutuhan olahraga untuk kamu yang sedang mencari perlengkapan olahraga bukan hanya untuk ibu hamil atlet dan pecinta olahraga pun bisa berbelanja disini.

Untuk kamu yang sedang mencari toko yang jual matras tidak perlu khawatir karena butik baju senam juga jual matras, selain matras disini juga jual baju senam merk crystal yang merupakan baju senam yang banyak dicari para wanita senam. cari sepatu olahraga nike untuk wanita atau sepatu aerobik wanita nike pun tidak perlu bingung, karena disini juga menjual sepatu olahraga sesuai kebutuhan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>